Thursday, July 23, 2015

15 Makanan Penambah Darah Dengan Cepat

15 Makanan Penambah Darah Dengan Cepat – Sel darah merah atau eritrosit menjadi komponen penting yang berperan sebagai pengedar oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jumlah eritrosit di dalam tubuh harus seimbang, tidak boleh terlalu lebih ataupun kurang. Berkurangnya sel darah merah mengakibatkan penyakit anemia atau kurang darah atau darah rendah.

http://kang-jufri.blogspot.com/2015/07/15-makanan-penambah-darah-dengan-cepat.html

Kurang darah atau anemia akan menimbulkan gejala bagi penderitanya mudah lelah, loyo, mengantuk, sering pening, gangguan kognitif, pucat dan lain-lain yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan juga mengancam jiwa. Oleh karena itu anemia harus segera di obati.

Penyebab penyakit anemia dikarenakan kekurangan mineral seperti zat besi, asam folat, dan beberapa vitamin seperti A, B12, dan C. Adapun penyebab anemia lain seperti pendarahan berlebihan saat menstruasi, wanita akan rentan terkena anemia, apalagi tubuh tidak cukup menyimpan zat besi.

Cara mengatasi anemia paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan penambah darah seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan laut sebagai makanan sehari-hari. 

Berikut 15 makanan penambah darah dengan cepat :


1. Mangga

Di dalam mangga tersimpan sebanyak 60 mg vitamin C, jumlahnya hampir memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa. Buah mangga sangat cocok menjadi bufavo penderita anemia, selain memulihkan kondisinya tubuh juga semakin kuat karena kandungan antioksidannya berperan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

2. Jambu Biji

Jumlah kandungan vitamin C yang membantu memperbanyak produksi sel darah merah di dalam buah jambu biji dua kali lipat lebih banyak dari jeruk, tapi jarang yang mengetahuinya. Buah ini juga dapat mengobati disentri, lengkapnya Anda bisa intip artikel khasiat buah jambu biji.

3. Ikan salmon

Ikan salmon adalah sejeni ikan yang kaya akan vitamin B12 yang sangat ampuh menangkal penyakit anemia. Vitamin B12 bagi tubuh berfungsi menjaga sistem saraf , membantu pembentukan DNA, dan membelah sel.

4. Kerang dan tiram

Makanan penambah darah dari laut bisa anda jadikan sebagai penambah darah seperi kerang atau juga tiram.

5. Udang

Makanan hasil laut ini memang menjadi pro dan kontra di masyarakat karena tidak sedikit yang mengalami alergi atau sensitif pada saat setelah memakannya. Ada baiknya sebelum makan udang ini, periksakan apakah tubuh anda memiliki alergi terhadap udang atau tidak.

6. Kacang almond

Kancang almond masuk dalam daftar makanan penambah darah. Alasannya karena biji almond mengandung zat besi yang tinggi. Agar tubuh anda tidak ingin mengalami anemia, konsumsi 1 ons setiap hari akan membantu mengoptimalkan peredaran darah di dalam tubuh.

Baca juga: 7 Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

7. Pepaya

Buah ini terkenal dengan kemampuannya untuk melancarkan buang air besar, mengatasi BAB macet, dan gangguan saluran cerna lain. Sebetulnya, buah pepaya juga baik bagi penderita anemia. Karena buah ini mengandung dua kandungan yang dibutuhkan oleh penderita darah rendah, yaitu vitamin C dan asam folat.

8. Kacang polong

Bukan hanya baik untuk menambah darah, kacang polong juga sangat bagus untuk mendampingi diet sebagai makanan pendamping yang sehat.

9. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan salah satu dari keluarga kacang-kacangan yang mengandung zat besi tinggi. Karenanya kacang hijau ini bisa menjadi alternatif makanan penambah darah yang baik apabila anda kurang menyukai kacang polong.

10. Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C. Vitamin tersebut dapat memperbanyak sel darah merah di dalam tubuh, sangat baik untuk penderita anemia. Ada juga kandungan lain di dalam jeruk seperti serat, asam folat, dan antioksidan.

11. Daun katuk

Tumbuhan yang memiliki daun berwarna hijau ini dikenal dengan daun katuk yang memiliki kandungan zat fosfor dan zat besi untuk membantu menambah darah. Zat fosfornya juga dapat membantu dalam menjaga pembentukan tulang.

12. Kangkung

Sayuran yang keseluruh bagiannya berwarna hijau ini mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga menjadi sayuran yang layak untuk dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. Sayur kangkung ini juga disarankan bagi orang yang menderita darah rendah.

13. Sawi

Sering merasakan pusing ? Mungkin anda terkena anemia. Cobalah untuk makan sayuran sawi baik yang berwarna putih ataupun hijau. Warna hijau pada sayur ini merupakan klorofil yang juga sangat diperlukan bila ingin menambah darah. Sayur sawi juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

14. Tebu

Masyarakat belum mengetahui betul tebu itu termasuk dalam keluarga buah-buahan atau sayur-sayuran atau apa? Tidak masalah tebu dari kalangan apa, yang jelas tumbuhan ini menjadi cemilan favorit yang dikhususkan untuk wanita anemia. Dari hasil penelitian, kandungan terbanyak di dalamnya adalah zat besi, itulah sebabnya tebu termasuk ke dalam makanan penambah darah.

15. Kembang kol

Kembang kol sangat baik dalam hal meregenerasi sel darah merah. Kandungan penting yang ada didalamnya berupa kalsium, protein, thamine, dan niasin. Kangungan gizi yang seimbang ini terdapat juga pada brokoli.

Semua makanan di atas sebaiknya tidak dikonsumsi sekaligus, lakukan secara bergiliran atau bervariasi setiap harinya. Apabila anda kesulitan dalam menentukannya, konsultasikanlah dengan dokter beserta jumlaj yang disarankannya. Ingat, jagalah makan anda jangan sampai terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan biasanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. 


No comments:

Post a Comment