Saturday, July 11, 2015

5 Buah 5 Kebaikan Untuk Ibu Hamil

5 Buah 5 Kebaikan Untuk Ibu Hamil - Banyak sekali kebutuhan dalam menjalani masa kehamilan, tapi tidak semua orang tahu apa saja yang dibutuhkan dalam menjalani masa kehamilan. Nah, kali ini saya akan memberi tahu anda tentang buah-buahan apa saja yang baik untuk masa kehamilan anda.

Inilah 5 buah-buahan yang baik untuk ibu hamil:


1. Buah Pepaya


http://kang-jufri.blogspot.com/2015/07/5-buah-5-kebaikan-untuk-ibu-hamil.html


Buah pepaya yang masih dalam kondisi setengah matang ternyata memiliki kandungan nutrisi lebih baik ketimbang buah yang sudah matang. Namun, wanita atau ibu hamil dilarang mengkonsumsinya karena sifatnya yang dapat menggugurkan janin di dalam kandungan.  jadi ingat bahwa buah pepaya yang sudah benar-benar matanglah yang disarankan untuk dikomsumsi bagi ibu hamil.

Berikut manfaat buah pepaya untuk ibu hamil:


Buah pepaya mengandung papain yang terdapat pada bagian buah, biji, kulit, dan daging buah. Bagi mereka yang bermasalah dengan pencernaanya justru dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya beserta bijinya.

Sifat antiseptik pada buah ini membantu menghentikan laju kembang biak bakteri merugikan yang ada pada usus. Pepaya juga membantu mengembalikan pH usus sehingga usus kembali normal.

Membantu mempercepat sistem cerna bagi lemak dan karbohidrat. kandungan enzim papain inilah yang berfungsi mengurai daging agar lebih mudah dicerna. Maka tidak heran jika buah pepaya digunakan untuk melunakkan daging pada pembuatan sate atau semur.

Selain mengurai serat-serat daging, ezmin papain juga berperan dalam mengatur asam amino dan mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh. Alhasil, kekebalan tubuh pun meningkat.

Enzim papain mampu memecah makanan dengan kandungn protein tinggi sehingga membentuk senyawa asam amino yang memiliki sifat otomatis hilangnya substansi yang tidak diinginkan akibat sistem pencernaan yang kurang sempurna. Proses cerna yang tidak sempurna akan berdampak pada muculnya berbagai penyakit seperti penyakit diabetes, radang sendi, sulit buang air besar. hipertensi, bahkan epilepsi.

Masih seputar enzim papain, enzim ini tercipta untuk memecah protein menjadi arginin. Dimana arginin merupakan senyawa asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam keadaan normal. Namun salah satu senyawa tersebut dapat anda jumpai dalam makanan telur dan ragi.

Pepaya terlahir sebagai buah-buahan yang memiliki kedigdayaan mempercepat proses sistem cerna protein. Hingga saat ini masih banyak kasus karena sulitnya mencerna protein dalam pola makan sehari-hari.

Pepaya mengandung protein. Namun hanya sekitar 4 sampai 6 gram saja di setiap kilogramnya. Tetapi jumlah yang sedikit ini sangat memungkinkan untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Ini dikarenakan adanya enzim papain yang mampu mencerna sebanyak 35 kali lebih kuat daripada ukurannya sendiri. Kemampuan cerna protein seperti ini mengingkatkan kita agar lebih selektif lagi dalam memilih makanan untuk di konsumsi. Karena makanan yang mengandung banyak protein belum tentu akan cepat dicerna dan diserap oleh tubuh.


2. Buah semangka


http://kang-jufri.blogspot.com/2015/07/5-buah-5-kebaikan-untuk-ibu-hamil.html

Berikut manfaat buah semangka untuk ibu hamil:



Pada masa kehamilan, tubuh wanita yang sedang hamil sering mengalami perubahan yang bermacam-macam. Adanya penambahan hormon dan berat badan membuat oto-otot serta tulang akan terasa sakit. Konsumsi buah semangka saat masa kehamilan membantu mencegah terjadinya kram otot dan mengatasi perubahan-perubahan tersebut.

Masa kehamilan memang disarankan agar banyak mengkonsumsi air putih guna menghindari terjadinya dehidrasi. Karena apabila dehidrasi terjadi akan mengakibatkan bayi lahir secara prematur dan juga kontraksi prematur. Konsumsi buah semangka memang cara ampuh agar tetap terhidrasi karena lebih dari 90% mengandung air.

Pigmentasi sering terjadi bagi ibu hami. Kondisi seperti ini memang menjadi satu momok menakutkan pada saat mengandung si jabang bayi. Semangka berfungsi menjaga pergerakan usus menjadi halus dan memudahkan sistem saluran pencernaan. Agar kulit tetap terasa halus ketika hamil, makan buah semangka akan membantu menjaga kulit anda tetap bersih.

Bagi ibu hamil patut mencoba hidangan satu gelas jus semangka di pagi hari. Mengapa demikian? Karena kandungan gizi dan energinya membantu mencegah atau mengurangi terjadinya morning sickness. Jus semangka yang dikonsumsi pada pagi hari memberikan efek menyegarkan dan memberikan ketenangan sebagai awal bentuk semangat anda untuk mengawali hari.

Efeknya yang adem bagi saluran pencernaan dan perut membuat buah jenis ini mampu mengurangi permasalahan yang muncul pada bagian pencernaan. Selain itu buah semangka juga membantu menjaga kesehatan ulu hati dan asam lambung.

Kondisi bengkak ringan yang terjadi pada tangan dan kaki biasa dikenal dengan nama edema. Kondisi ini sangat lumrah dialami pada saat kehamilan. Selain mencegah edema, buah tersebut juga mengandung air dengan kadar yang sangat tinggi. Hal ini akan mengurangi penyumbatan di otot dan pembuluh darah.

Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi secara belerbihan akan berdampak negatif bagi kesehatan bahkan oleh ibu hamil. Konsumsi buah semangka dalam jumlah berlebihan menyebabkan kadar glukosa menjadi lebih tinggi, akibatnya akan terjadi diabetes gestational. Selain itu, semangka juga berfungsi membersihkan berbagai zat dalam tubuh termasuk zat-zat penting lainnya. Karena tubuh sangat membutuhkan zat penting tersebut, maka konsumsilah buah semangka sewajarnya.


3. Buah Jambu Biji


http://kang-jufri.blogspot.com/2015/07/5-buah-5-kebaikan-untuk-ibu-hamil.html


Berikut manfaat jambu biji untuk ibu hamil:


Buah jambu biji memiliki kandungan pectin yang dapat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol yang meningkat, hal ini sering di alami oleh setiap ibu hamil. Mengkonsumsi buah jambu biji dapat membantu dalam mengikat kolesterol dan asam empedu di dalam tubuh serta mengeluarkannya, mengkonsumsinya dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan jus untuk diminum setiap hari
.
Selain itu, buah jambu biji juga memiliki kandungan kalium yang dapat berguna dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tinggi dibiarkan terlalu lama, maka akan berakibat pembuluh darah pecah dan mengalami kelumpuhan atau stroke. Sedangkan bagi ibu hamil dapat mengakibatkan kesehatan ibu dan janin terganggu, bahkan dapat berakibat cacat lahir pada bayi dan mengakibatkan kematian.

Sedangkan kandungan tannin yang terkandung di dalam buah jambu biji, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, melancarkan sirkulasi darah dan menangkal serangan virus yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh ibu hamil.

Manfaat buah jambu biji juga dapat mencegah ibu hamil mengalami kegemukan yang dapat mengganggu perkembangan janin dan proses persalinannya nanti, sehingga dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin setiap hari dipercaya dapat membantu menjaga berat badan ibu hamil.

Di dalam buah jambu biji juga terdapat kandungan likopen, likopen merupakan kandungan karetenoid yang merupakan pigmen penting dalam tumbuhan yang terkandung di dalam darah yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat. Kandungan likopen di dalam buah jambu biji dapat berkhasiat dalam mencegah pertumbuhan sel kanker, maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jambu biji untuk ibu hamil.

Manfaat buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menjaga system kekebalan tubuh, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit.
Buah jambu biji juga dapat membantu dalam penyembuhan demam berdarah.

Menurut penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin sebanyak 500 gram perharinya selama 4 minggu, dipercaya dapat membantu dalam mencegah resiko terkena serangan jantung.

Mengkonsumsi buah jambu juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan stamina tubuh dan mencegah kelelahan.

Kandungan zat besi di dalam buah jambu biji, dipercaya dapat mencegah anemia.
.

4. Buah Belimbing


http://kang-jufri.blogspot.com/2015/07/5-buah-5-kebaikan-untuk-ibu-hamil.html


Buah belimbing kaya akan sumber vitamin A, vitamin C, dan juga E. Bahkan buah yang satu ini juga mengandung nutrisi hebat seperti serat, kalium, magnesium, fosfor, natrium, potasium, kalsium dan asam folat yang sangat dibutuhkan guna menunjang stamina prima pada fase kehamilan. Selain untuk ibu hamil, buah belimbing juga sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sakit kepala, batuk, demam, hingga penyakit hipertensi.

Berikut manfaat buah belimbing untu ibu hamil:


Manfaat buah belimbing yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi buah belimbing secara otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistim imun dari berbagai serangan bakteri atau virus yang membahayakan. Dikarenakan tingginya kandungan vitamin C di dalam buah ini, tubuh ibu hamil akan mendapat asupan zat antiokasidan yang memadai sehingga tidak mudah sakit. Antioksidan juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan merusak kesehatan sel-sel di dalam tubuh.

Bukan hanya pada wortel saja vitamin A yang sangat banyak di buah belimbing berperan untuk menjaga serta menyehatkan mata sebagai salah satu organ vital utama. Makan buah belimbing juga akan membuat daya penglihatan bertambah.

Khasiat buah belimbing yang ketiga adalah untuk melancarkan saluran pencernaan. Salah satu gangguan ibu hamil terjadi akibat adanya permasalahan pada saluran pencernaan. Akibatnya ibu mengalami sembelit, susah buang air besar, bahkan diare. Hal ini dapat dicegah melalui manfaat buah belimbing yang dapat dikonsumsi secara teratur tanpa melabihi dosis yang dianjurkan.

Adanya kandungan kalium menambah daftar panjang manfaat dari buah belimbing untuk ibu hamil. Kalium ini bertindak untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor munculny penyakit stroke dan serangan jantung.

Sebagai sumber makanan yang menghasilkan zat antioksidan tinggi, buah belimbing dapat mencegah kanker. Zat antioksidan tersebut ampuh mengulur perkembangan sel kanker sekaligus membunuhnya.

Mengkonsumsi buah belimbing juga dapat menurunkan berat badan yang umumnya sering terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Berat badan menurun serta racun yang bersarang di dalam tubuh juga akan ikut terbuang dengan cukup mengkonsumsi buah belimbing saja.

5. Buah Kelapa


http://kang-jufri.blogspot.com/2015/07/5-buah-5-kebaikan-untuk-ibu-hamil.html


Berikut manfaat buah kelapa untuk ibu hamil:



Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Diketahui bahwa air kelapa mengandung kolesterol serta lemak yang cukup rendah. Sehingga minuman air kelapa tersebut ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan secara otomatis akan menekan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh ibu hamil.

Air kelapa juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Pada masa kehamilan berlangsung, plasenta akan memproduksi salah satu jenis hormon yang disebut dengan progesteron. Hormon jenis ini membantu menekan kinerja lambung sehingga kontraksi pada otot melambat.

Didalam minuman tropis ini terdapa senyawa yang disebut asam laurat. Asam laurat ini merupakan salah satu senyawa yang bisa mencegah berbagai penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Senyawa tersebut sangat banyak kandungannya di dalam air kelapa, besarnya kandungan tersebut sama dengan yang ada pada air susu ibu. Kinerjanya pun sama yakni sebagai anti bakteri, anti virus, dan anti jamur yang berperan melawan penyakit dari virus seperti HIV dan herpes.

Air kelapa memiliki kandungaan diuretik alami yang sangat steril (bersih). Fungsinya untuk melancarkan proses pembuangan di urin sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada kandung kemih. Peranan tersebut membantu mengeluarkan zat-zat beracun di dalam tubuh dan menghindari saluran kemih terjadi infeksi yang banyak dialami oleh ibu hamil.

Didalam air kelapa terkandung kalium, kalsium, magnesium, riboflavin, sodium, klorida, dan yang utama adalah elektrolit. Sebagai isotonik alami yang banyak mengandung mineral dan cairan elektrolit, air kelapa tentu saja dapat mencegah tubuh kita terserang dari kondisi dehidrasi karena cairan tersebut menyamai cairan yang ada pada tubuh.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat...!

No comments:

Post a Comment