Friday, November 6, 2015

Tips Agar Kulit Tubuh Sehat Dan Bersih Secara Alami

Tips Agar Kulit Tubuh Sehat Dan Bersih Secara Alami - Kulit memiliki peran yang penting untuk melindungi tubuh Anda dari virus, bakteri, bahan kimia berbahaya, ataupun suhu yang tidak bersahabat. Kulit memiliki pigmen melanin yang dapat melindungi Anda dari sinar ultraviolet. Nah, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih Anda tidak hanya menggunakan dengan berbagai produk kulit dan kecantikan saja, karena kulit yang sehat juga bisa didapatkan dari pola hidup dan rutinitas sehari-hari yang sehat. Beberapa tips sederhana berikut ini dapat dilakukan sehari-hari, untuk mendapatkan kulit sehat secara alami serta mencegah proses penuaan dini pada kulit.


Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan sumber daya alam yang mampu memberikan jutaan manfaat pada makhluk hidup. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum air, anda akan terhindar dari stress kulit. Selain menghindari stress kulit, air putih juga dapat menghindarkan anda dari kulit keriput. Jumlah minimal air yang harus anda konsumsi untuk setiap harinya adalah 8 gelas. Cara meminumnya pun bukan asal minum. Anda harus meminumnya sedikit demi sedikit agar lebih tahan lama di dalam tubuh.

Pola makan sehat

Perhatikan apa yang anda makan sebelum memusingkan produk kesehatan yang akan anda pilih. Aturlah pola makan sehat yang seimbang, dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, air putih, produk susu rendah lemak, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit:

1. Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan utama yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A memiliki nutrisi yang dapat mencegah jerawat dan membantu proses regenerasi kulit. Pisang, apel, wortel, dan bayam adalah beberapa contoh buah-buahan dan sayuran dengan kandungan vitamin A. Buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti pepaya, strawberry, kiwi, kembang kol, dan kubis juga dapat menutrisi kulit Anda. Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan vitamin C berfungsi memproduksi kolagen yang merupakan protein bagi kulit yang dapat mencegah kulit menjadi keriput dan menjaga kulit lembab dan sehat. Buah seperti blueberry dan strawberry mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Mengkonsumsi buah tersebut dapat menjaga kulit agar tidak kering dan kusam, membantu menjaga agar kulit lembab, serta membuat kulit cerah berseri. 

2. Makanan jenis kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga agar kulit lembab dan lembut. Kulit memerlukan pasokan selenium yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kacang-kacangan. Selenium berperan dalam mensintesis tubuh dari antioksidan glutathione intraseluler dan menjaga kulit dari radikal bebas berbahaya seperti polusi udara dan asap rokok. 

3. Ikan tuna merupakan sumber makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan pasokan selenium untuk kulit. Ikan mengandung selenium dan Omega 3 asam lemak yang membantu mencegah kerutan pada kulit, mengurangi peradangan kulit, serta membuat kulit lembab dan tetap segar.

Panasnya matahari

Hindari paparan langsung terhadap sinar matahari di saat-saat terpanasnya, biasanya antara jam 10 hingga 15 siang. Lebih baik lagi jika anda menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, dan juga topi, sehingga dapat melindungi kulit dari eksposur ultraviolet dari sinar matahari.

Waktu tidur yang Cukup

Menurut penelitian, seseorang yang kurang tidur kulitnya akan menjadi kusam, cepat keriput dan warna kulit menjadi tidak rata. Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan kulit yang sehat dan kenyal, Anda harus mengatur waktu tidur. Standart waktu tidur dalam jangka waktu 24 jam adalah 7 jam. Dalam waktu 7 jam tersebut, kulit akan bergenerasi sehingga keesokan harinya Anda akan terlihat lebih segar. Namun biasakanlah diri Anda untuk tidur telentang agar garis-garis wajah bagian dalam tidak tertekan dengan bantal dan melukai kulit.

Hindari rokok/asap rokok

Merokok dapat memberikan efek buruk bagi kulit. Rokok dapat mempersempit pembuluh-pembuluh darah yang berada pada lapisan terluar kulit, sehingga aliran darah ke daerah tersebut berkurang. Akibatnya adalah lapisan terluar kulit mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk kulit.

Selain itu, rokok menyebabkan penuaan dini dan timbulnya kerutan pada wajah. Hal ini terjadi karena rusaknya kolagen dan elastisitas serat kulit, khususnya di wajah, akibat proses penggunaan otot pada wajah yang berulang-ulang saat menghisap dan menghembuskan asap rokok.

Lakukan Perawatan Rutin

Polusi udara membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam. Karena itulah Anda perlu membersihkan kulit Anda agar tetap terlihat bersih dan segar. Cucilah wajah Anda setidaknya 3 kali dalam sehari. Hal itu penting karena polusi udara merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat. Untuk itu rajin-rajinlah mencuci wajah dan mandi 2 kali dalam satu hari.

Menggunakan Masker Alami

Untuk menghindarkan kulit wajah dari jerawat, gunakan masker jagung muda. Untuk menghindari wajah kusam, gunakan masker mentimun dan untuk menghindari bekas jerawat, Anda dapat menggunakan masker jeruk nipis.

Baca juga :




Demikianlah tips agar kulit tubuh sehat dan bersih secara alami. Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk menjaga dan mendapatkan kulit yang sehat sehingga Anda mendapatkan sesuatu yang terbaik untuk penampilan diri.

No comments:

Post a Comment