Friday, November 6, 2015

Tips Ampuh Hilangkan Kantuk yang Berlebihan

Tips Ampuh Hilangkan Kantuk yang Berlebihan - Sebelum kita membahas cara menghilangkan ngantuk alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ngantuk. Rasa kantuk yang berlebihan biasanya disebabkan oleh pola tidur yang salah atau tidak tepat, seperti bergadang, terlalu lelah, kebosanan atau bahkan karena bawaan. Oleh karena itu hindarilah faktor-faktor di atas dan cobalah ikuti tips-tips dibawah ini.


Berikut Tips Ampuh Hilangkan Kantuk yang Berlebihan :


Tidur cukup

Inilah penyebab utama kenapa Anda merasa selalu mengantuk, bahkan boleh dikatakan super ngantuk. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakan untuk tidur pada jam 9 malam, karena waktu tersebut merupakan waktu paling optimal untuk tidur. Selain membantu menghilangkan rasa kantuk Anda, tidur cukup menurut penelitian juga dapat menghilangkan berbagai penyakit lainnya, seperti stress, darah tinggi dan lain-lain.

Menarik nafas

Menurut penelitian, ketika Anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak Anda sedang berkurang. Karena menguap juga merupakan salah satu ciri Anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah tarik nafas dalam-dalam dan tahan sekitar 5 detik kemudian embuskan selama 5 detik. Lakukan hal ini beberapa kali sampai membuat Anda merasa segar kembali.

Minum air putih

Banyak menguap menandakan bahwa kita mengantuk juga menandakan bahwa kita kekurangan oksigen ke otak. Hal tepat yang bisa dilakukan adalah meminum banyak air putih. Air putih mengandung oksigen, sehingga asupan oksigen ke dalam tubuh kita lebih banyak dan kita dapat kembali berkonsentrasi.

Makan Camilan Sehat

Cara yang paling enak mengusir rasa ngantuk adalah dengan cara ngemil. Makan camilan yang sehat dapat mensuplai energi lebih lama, seperti makan kacang-kacangan, yoghurt dan buah misalnya. Cemilan ringan nan sehat ini bisa mengusir rasa kantuk berlebihan dan dapat meningkatkan konsentrasi.

Minum kopi atau teh

Banyak orang mengatasi rasa kantuk dengan mengandalkan minum kopi. Hal tersebut memang benar adanya dengan minum kopi rasa kantuk dapat teratasi. Namun pastikan jangan terlalu sering minum kopi, Anda dapat memvariasinya dengan minum teh herbal. Pada umumnya minum kopi atau teh yang baik dalam sehari adalah 2 sampai 3 gelas dalam sehari. Kelebihan dari teh herbal adalah mampu memberikan efek lebih ringan dibandingkan dengan minum kopi.

Bikin ruangan  lebih terang

Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Melakukan olah raga ringan

Olah raga ringan tidak hanya jogging. Berdiri dari tempat duduk, jalan di tempat sambil mengayunkan tangan juga merupakan olah raga ringan. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

Mencuci muka dengan air dingin

Mencuci muka dengan air dingin selain menyegarkan juga menghilangkan rasa kantuk yang melanda. Namun jika rasa kantuk Anda sudah tidak bisa dihilangkan sama sekali, terlelap selama 5-6 menit tidak ada salahnya.

Mengganti posisi tubuh

Jika Anda masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki. Menegakkan punggung dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi sehingga kita kembali fokus dan rasa kantuk itu terusir dengan sendirinya. Atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi.

Bercanda

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, buka situs youtube tonton video lucu dan tertawalah dan anda tidak akan ngantuk lagi.

 Istirahatkan Mata

Jika Anda terlalu lama didepan komputer atau membaca buku bacaan bisa saja membuat mata Anda menjadi lelah dan capek, pekerjaan ini bisa membuat anda menjadi ngantuk. Nah istirahatkan mata Anda sejenak dengan cara mengalihkan pandangan dari komputer atau buku bacaan Anda, buatlah mata menjadi lebih rileks. Carilah suasana yang nyaman dan hirup udara segar.

Itulah tips menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan, semoga bermanfaat dan selamat mempraktekkannya...! heee

No comments:

Post a Comment