Thursday, November 5, 2015

Pesona Dan Keindahan Air Terjun Coban Rondo

Pesona Dan Keindahan Air Terjun Coban Rondo - Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu potensi wisata alam yang dimiliki kawasan Malang, tepatnya berada di Desa Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Propinsi Jawa Timur. Disini hawanya sejuk dan bahkan bisa di katakan dingin untuk Anda yang kurang terbiasa dengan suhu dingin.


Air Terjun Coban Rondo mempunyai ketinggian kurang lebihnya sekitar 84 m dan terdapat di ketinggian 1.135 meter jika dari permukaan air laut. Airnya berasal dari sebuah sumber yang terdapat di Cemoro Dudo, kawasan lereng Gunung Kawi dengan kapasitas air 150 liter tiap detik ketika musim hujan dan sekitar 90 liter tiap detik sewaktu musim kemarau. Curah hujan rata-rata adalah 1.721 mm/th, bulan basah pada bulan November sampai dengan bulan Maret dan untuk bulan kering pada bulan April sampai dengan bulan Oktober dengan suhu rata-rata lebih dari - 22°C.


Coban Rondo berlokasi sekitar 25 kilometer dari Kota Malang atau sekitar 12 kilometer di barat Kota Batu. Waktu tempuh dari Kota Malang ke lokasi sekitar satu jam. Untuk tiba Coban Rondo, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau umum dari Kota Malang. Namun jika naik angkutan umum, Anda turun di daerah Patung Sapi Pujon dengan tarif Rp 10.000. Selanjutnya, Anda naik ojek motor untuk sampai di kawasan wisata.


Tiket masuk Coban Rondo Rp 12.000 per orang dan parkir kendaraan Rp 1.000-Rp 3.000. Dari gerbang masuk Anda masih harus menempuh perjalanan berkelok-kelok di tengah hutan pinus sepanjang sekitar 4 kilometer hingga sampai di tempat parkir. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter hingga sampai di lokasi air terjun.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika Anda dari jalan raya menuju arah Batu - Pujon, Malang, setelah melewati tanjakan yang landai dan jalanan yangberkelok-kelok yang terkadang tajam, maka Anda akan sampai di puncak sebuah perbukitan. Terdapat sebuah papan nama yang berukuran besar akan memberikan Anda petunjuk untuk belok menuju ke arah kiri keluar dari jalan raya untuk menemukan obyek wisata Coban Rondo.

Dari patung sapi, perjalanan dapat Anda lanjutkan kembali kurang lebih sekitar empat kilometer lagi untuk sampai ke wisata air terjun Coban Rondo. Dua kilometer sebelum Anda memasuki kawasan wisata, akan menjumpai sebuah papan yang bertuliskan "Welcome to Wana Wisata Coban Rondo" Kemudian jalanan akan terus menurun dan rindangnya suasana hutan juga akan semakin terasa. Di tempat-tempat yang melandai, gubuk-gubuk para pedagang serta berbagai macam jenis kendaraan akan berjajar. Di situlah terminal akhir para pengunjung yang menggunakan kendaraan. Selanjutnya Anda akan melintasi sedikit tanjakan yang tidak kurang dari dua menit akan sampai ke lokasi air terjun.

Fasilitas dan Akomodasi di Air Terjun Coban Rondo

Di dalam area wisata alam Air Terjun Coban Rondo terdapat banyak sekali warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Disini juga sudah tersedia sarana untuk tempat beribadah bagi umat muslim / Islam, panggung terbuka, area camping ground dan toilet.

Untuk Anda yang ingin mencari hotel murah di malang atau tempat penginapan yang berada di kawasan air terjun Coban Rondo dapat diperoleh di kawasan wisata Songgoriti, yang berjarak sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo. Harga penginapan yang berada di daerah itu berkisar antara harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 150.000 tiap malam.

baca juga ya :

Keindahan Pantai Batu Bengkung, Malang - Jawa Timur

Daftar tempat Wisata Malang Yang Keren

No comments:

Post a Comment