Sunday, November 1, 2015

Pesona Alam Di Pulau Seribu, Jakarta

Pesona Alam Di Pulau Seribu, Jakarta - Kepulauan Seribu atau dalam bahasa inggris disebut dengan Thousand Island, itulah nama kumpulan ratusan pulau yang berada di Teluk Jakarta. Dimana kecantikan, keindahan dan eksotisme kepulauan seribu jakarta akan membuat kita seolah tidak percaya, bahwa tempat ini berada sangat dekat dan bagian dari Kota Jakarta. 


Kepulauan ini terdiri dari 128 pulau kecil-kecil yang di dalamnya terdapat banyak pantai dengan pemandangan indah dan luar biasa. Sangat cocok untuk melepas kepenatan akan hiruk pikuknya kota metropolitan, dengan kejernihan air lautnya disertai pemandangan alam bawah laut yang indah sangatlah cocok untuk melakukan kegiatan berenang, snorkeling, diving didasar laut serta beberapa aktivitas dilaut lainnya yang sangat menantang adrenalin bagi anda penyuka olahraga air.


Turis lokal maupun asing senang menyempatkan diri berlibur di pulau-pulau kecil ini yang letaknya saling berdekatan. Beberapa pulau yang termasuk wilayah Kepulauan Seribu dan menjadi tempat favorit wisatawan untuk dikunjungi adalah Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Bira, Pulau Pari, dan Pulau Pramuka. Pulau-pulau ini memiliki daya tarik wisata yang berbeda-beda dan anda bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat ini satu persatu.

  • Secara astronomis, letak Kepulauan Seribu adalah 106.26`.00' BT hingga 106.57`40 BT dan 5.10`.00' LS hingga 106.26.00' LS.
  • Adapun secara geografis, batas-batas Kepulauan Seribu adalah sebagai berikut:
  • Utara: Laut Jawa dan Selat Sunda
  • Selatan: Kecamatan Cengkareng, Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, dan Tangerang
  • Timur: Laut Jawa
  • Barat: Laut Jawa dan Selat Sunda
  • Luas daratan Kepulauan Seribu diperkirakan sekitar 864,59 hektar dan luas perairan sekitar 6.997, 50 km prsegi.

Untuk sampai ke tempat wisata Pulau Seribu, maka anda bisa menaiki perahu atau sail boat dari Pantai Mutiara. Pantai Mutiara ini juga berdekatan dengan daerah wisata Ancol. Saat sampai di pulau ini para wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan pantai sambil menunggu matahari terbenam. Menyelam merupakan kegiatan wisatawan yang dapat dilakukan di tempat wisata Pulau Seribu. Pemandangan bawah lautnya menyajikan berbagai macam jenis ikan, terumbu karang, dan hewan-hewan laut lainnya. Air laut Pulau Seribu sangat bersih, meskipun tidak menyelam namun pemandangan bawah laut masih tetap terlihat dari pantai. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah ini dengan kamera anda.


Para pengunjung juga diperbolehkan untuk memancing ikan di tempat ini. Tempat memancing dan menyelam yang paling terkenal di pulau ini adalah pulau Hiu, pulau Pamagaran, Kotok Besar, Pulau Penjaliran, dan Kotok Besar. Terumbu-terumbu karang di tempat ini memiliki habitat hewan laut yang luar biasa dan bermacam-macam. Jika anda ingin memancing dan menyelam maka anda bisa menyewa peralatan selam serta alat pancing kemudian menyewa kapal. Objek wisata Pulau Seribu Jakarta juga terkenal dengan sebutan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Selain ikan, di pulau ini juga merupakan habitat bagi hewan yang dilindungi seperti penyu sisik. Oleh sebab itu, selain sebagai tempat wisata Pulau Seribu juga digunakan oleh pemerintah sebagai tempat budi daya hewan-hewan laut yang dilindungi.


Kini wisata Pulau Seribu bukan lagi sekedar sebagai wisata alternatif bagi warga jakarta, namun sudah menjadi wisata utama yang namanya bahkan sudah terdengar sampai ke mancanegara.

Ok. Semoga bermanfaat...!

Baca juga :

No comments:

Post a Comment