Saturday, October 31, 2015

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Oats (Gandum)

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Oats (Gandum) - Oats (gandum) merupakan salah satu solusi untuk menemani menu sarapan di pagi hari. Oats (gandum) atau dikenal juga dengan nama avena sativa merupakan salah satu jenis sereal yang dapat di konsumsi dengan mudah. Oats juga baik di konsumsi bagi penderita diabetes, kolesterol dan obesitas.


Makanan Oats (gandum) menjadi tren ketika banyak penyakit jantung yang mematikan di berbagai kalangan masyarakat. Oats merupakan jenis makanan sehat yang menjadi sangat populer dikalangan sebagian orang yang sedang melakukan program diet. Sebenarnya oats ini tidak hanya bermanfaat terhadap orang-orang yang sedang berdiet, karena secara luas juga merupakan jenis karbohidrat kompleks yang sehat.



Nah, Berikut manfaat oats (gandum) bagi kesehatan :


1. Terhindar dari penyakit jantung

Konsumsi oats dapat menurunkan resiko dari penyakit Kardiovakular. Berdasarkan penelitian dari Harvard University menyebutkan bahwa seseorang yang mengkosnumsi  oats secara rutin setiap hari di pagi hari dapat menurunkan resiko terangkit penyakit kardiovaskular salah satunya seperti serangan jantung sekitar 29 persen.

2. Dapat menjauhkan dari tekanan darah tinggi

Oats juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berdasarkan sebuah penelitian yang di lakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition yiatu dengan mengkonsumsi oats secara tertaur dan rutin setiap hari dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Oats merupakan sumber makanan yang kaya serat larut, yang juga ditemukan pada apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan Kolesterol LDL, yang biasa dikenal sebagai Kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi tingkat Kolesterol Anda.

4. Menstabilkan tekanan gula darah

Serat memang tidak ada batasnya untuk memberikan tubuh nilai kesehatan, selain untuk pencernaan dan metabolisme tubuh, serat juga memiliki peran tuntuk menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. Jadi jika anda mengkonsumsi banyak manisan, ada baiknya mencoba konsumsi makanan tinggi serat ini untuk membantu menstabilkan gula darah yang anda asup.

5. Dapat mencegah penyakit kanker

Fungsi dari serat dalam makanan kaya gizi ini tidak hanya berhenti pada sistem pencernaan. Apa yang akan anda dapatkan jika memiliki pencernaan yang sehat serta metabolisme yang lancar ? tentu jawabannya adalah mencegah penyakit kanker. Nah, ternyata pada Oats juga mengandung antioksidan serta lognan yang ternyata di duga sangat ampuh dapat menurunkan resiko terkenanya penyakit kanker payudara dan kanker kolorektal.

6. Dapat menekan resiko infeksi

Konsumsi oats dapat meningkatkan respon pada sistem imun yang berperan dalam melawan infeksi. Selain itu beta glucan pada oats bekera dalam membantu pemanggilan neutrofil. Neutrofil merupakan salah satu dari jenis sistem imun yang berfungsi dalam melawan infeksi. Bukan hanya itu saja beta glucan uga ternyata terbukti dalam membantu neutrofil dalam membantu untuk mengeliminasi bakteri dengan lebih cepat.

7. Dapat menurunkan berat badan (diet)

Oats merupakan sumber serat yang rendah kalori yang sangat populer untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Ketika mengkonsumsi oats untuk sarapan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lama. Sarapan dengan jenis makanan yang tinggi gula dan lemak akan membuat perasaan kenyang dengan  jangka waktu yang lebih singkat, lalu akan lapar lagi. Sarapan pagi, yang terdiri dari oats dicampur dengan potongan buah pisang misalnya, dapat mengenyangkan  tanpa khawatir akan lapar sampai waktu makan siang. Super efektif untuk anda yang sedang menjalankan program diet

8. Dapat menjauhkan resiko terkena diabates

Dengan mengkonsumsi oats secara teratur dapat berguna dalam menstabilkan kadar gula darah serta menurunkan resiko terkena penyakit diabates. Kandungan fiber yang tinggi pada oats serta merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membuat pemecahan menadi karbohidrat sederhana menjadi pelan sehingga gula darah menjadi lebih stabil atau normal.

9. Dapat mencegah pengerasan arteri 

Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi serealia utuh seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis.

Ateroskleorosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C. 

Nah, walaupun masih banyak lagi manfaat oats, mungkin hanya itu saja dulu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat...!

Jangan ketinggalan, baca juga :






No comments:

Post a Comment