Tuesday, October 20, 2015

Inilah 9 Tempat Wisata Di Banyuwangi

Inilah 9 Tempat Wisata Di Banyuwangi


1. Watu Dodol, Banyuwangi


Watu dodol terletak di Desa ketapang, lokasinya tidaklah jauh dari pelabuhan Ketapang dan dekat dengan jalan utama menuju Taman Nasional Baluran. Pemandangan di Watu Dodol sangat indah, Anda dapat menyaksikan pemandangan pantai yang indah di sepanjang jalan dengan bebukitan yang berada di seberangnya. Tahukah Anda, di sini Anda bahkan dapat melihat Pulau Bali.

Tak hanya banyak wisatawan yang berhenti dan bersantai di Watu Dodol untuk menikmati panorama yang indah di sana. Juga, tersedia motel dan resto yang siap melayani Anda di salah satu objek wisata Banyuwangi ini.

2. Pulau Tabuhan, Banyuwangi


Pulau Tabuhan adalah salah satu objek wisata di Banyuwangi yang memiliki luas 5 hektar, lokasinya kurang lebih 20 km dari pusat kota Banyuwangi tepatnya di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Bagi anda yang ingin menuju Pulau Tabuhan, anda harus menyebrang menggunakan perahu motor.

3. Kawah ijen, Banyuwangi


Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Banyuwangi. Kawah ini merupakan bagian dari Gunung Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang terletak di Kecamatan Licin Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Bondowoso. Gunung Ijen sendiri merupakan gunung api yang masih aktif dengan ketinggian 2.368 meter diatas permukaan laut. Selain menjadi tempat wisata, kawah ini juga menjadi tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur.

4. Pantai Plengkung, Banyuwangi


Pantai Plengkung adalah pantai di Banyuwangi yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk surfing. Tempat wisata Banyuwangi yang satu ini memiliki reputasi pantai yang begitu baik hingga ke mancanegara sebagai tempat surfing. Jika Anda ingin surfing di pantai ini, maka bulan Mei hingga Otober adalah medio terbaik untuk surfing.

Di kawasan pantai ini, tersedia banyak cottage dan jungle camp. Pantai Plengkung adalah juga salah satu objek wisata Jawa Timur yang telah dikenal luas oleh publik dunia. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata pantai yang recommended di Indonesia.

5. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi


Taman Nasional Baluran merupakan tempat konservasi Flora dan Fauna yang dilindungi, Taman ini berada di Situbondo dan sebagian berada di Banyuwangi, untuk mencapai Taman Nasional Baluran cukup mudah anda bisa menggunakan rute Banyuwangi-Batangan, kemudian dilanjutkan ke Bekol selain itu bisa juga melalui rute Situbondo-Batangan. Kunjungan terbaik ke sini adalah Maret sampai Agustus. Tidak hanya itu, bagi anda yang suka dengan snorkeling disini ada Pantai Bama.

6. Wisata Mangrove Bedul, Banyuwangi


Ekowisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo, terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Mangrove Blok Bedul merupakan Wisata Ekosistem wujud komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Desa Sumberasri dan Balai Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) dalam upaya mengembalikan, melindungi, dan mengembangkan Hutan yang utuh.

Kawasan mangrove Blok Bedul berada ditepian segoro anakan sepanjang kurang lebih 16 km, luas hutan mangrove sekitar 2.300 hektar yang berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan di Kawasan Perhutani. Adapun jenis mangrove yang terdapat di blok bedul sebanyak 27 jenis.

Hewan yang terdapat dalam kawasan ini adalah kera, biawak, burung Elang (Elang Jawa dan Elang Laut), burung dara laut, burung blibis, burung bangau, burung migrant dari benua australia, ancel bumi, king fisher, kecuk, kirik-kirik, dan beberapa jenis yang belum teridentifikasi..

7. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi


Selain Pantai Plengkung (G-Land) ada juga Pantai Pulau Merah, lokasinya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini relatif lebih aman untuk para peselancar pemula di banding Pantai G-Land karena ombaknya tidak terlalu tinggi. Nama lain Pantai Pulau Merah adalah Pantai Ringin Pitu, untuk menuju ke Pantai Pulau Merah anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju Pasar Pesanggaran kemudian dilanjutkan dengan ojek ke Pulau Merah.


8. Pantai Teluk Hijau (Green Bay), Banyuwangi


Pantai yang indah di Banyuwangi tidak hanya Pantai Plengkung dan Pantai Pulau Merah saja, Tetapi ada juga Pantai Teluk Hijau atau disebut juga Green Bay. Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih dan air laut yang jernih berwarna kehijauan, selain itu disini juga terdapat air terjun setinggi 8 meter yang menambah daya tarik Pantai ini. Teluk Hijau berada di Pesanggaran tepatnya di Desa Sarongan. Ketika anda berkunjung ke Sukamande Taman Nasional Merubetiri, anda akan melewati Pantai Teluk Hijau.

9. Pemandian Taman Suruh, Banyuwangi


Pemandian Taman Suruh terletak di Dusun Wonosari, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Tepatnya 8 km ke arah Barat Kota Banyuwangi. Objek wisata Taman suruh memiliki berbagai fasilitas yang ditawarkan bagi wisatawan yang berkunjung. Diantaranya pemandian umum (kolam renang) untuk dewasa dan anak - anak, arena bermain untuk outbound, tempat bersantai untuk piknik. lokasi yang berada di ketinggian memberikan kesejukan karena udara pegunungan ijen yang sejuk cukup terasa di area Taman suruh. 

Lokasi wisata dan pemandian Taman suruh yang memiliki luas 3,5 hektar dulunya adalah tanah yang tidak produktif karena bebatuan dan padas, namun di tengah lokasi ini terdapat sumber air yang bersih dan dingin. Mata air ini adalah sumber menggolo dan sumber waras dan sumber-sumber kecil lainnya. Pohon-pohon bambu dan kopi serta pohon kelapa juga banyak tumbuh dan kini telah tertata dengan baik.

Kolam renang bagi orang dewasa dibangun dengan luas 750 m² serta luas pelataran dan ruang tunggu alam 2000 m². Sedangkan kolam renang anak-anak dengan luas kolam 300 m² dan merniliki pelataran seluas 600 m² yang dilengkapi ruang tunggu dan ruang bilas. Disamping itu tersedia tempat bermain anak-anak yang cukup representatif dimaksudkan untuk memanjakan anak-anak, sehingga anak-anak akan menjadi betah bermain. Tempat ini memiliki luas 2000 m². Di dalam lokasi taman wisata ini terdapat beberapa bangunan penunjang, seperti tempat parkir seluas 600 m², kantin dengan aneka masakan khas Banyuwangi, warung cinderamata, ruang tunggu, musholla, pentas hiburan, dan tenda-tenda istirahat. Untuk menuju ke lokasi wisata yang satu ini, tidak terlalu sulit karena pengunjung bisa memanfaatkan angkutan pedesaan jurusan perkebunan Kalibendo, hanya dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

No comments:

Post a Comment