Saturday, October 31, 2015

Inilah Ayam Unik, Aneh dan langka

Inilah Ayam Unik, Aneh dan langka - Seperti yang telah kita ketahui bahwa ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Daging dan telur merupakan alasan pertama kenapa seseorang menernak atau memelihara ayam, karena daging dan telur ayam mengandung sumber protein yang sangat baik untuk tubuh kita, dan peminat dari daging dan telur ayam sangatlah banyak.

Namun ayam di bawah ini tidaklah sama dengan ayam pada umumnya. Unik, aneh dan langka merupakan sumber utama untuk memeliharanya, karena di balik keunikan, keanehan dan kelangkaan ayam tersebut bisa terjual mahal, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekornya.

Berikut inilah ayam unik, aneh dan langka :


1. Ayam silkie


Ayam ini terlihat sangat imut karena bulu-bulunya yang halus seperti kain sutera. Ayam ini memuliki tulang, kulit dan paruh berwarna hitam, namun ayam ini memiliki warna bulu yang berwarna warni. Ayam ini biasa dipelihara sebagai hewan peliharaan rumah karena lucu dan imut..

Meskipun di dunia Barat ayam Silkie yang dijual terutama untuk hewan hias, tetapi di negara Cina ayam silkie dianggap sebagai makanan super dan berharga sangat mahal. Karena ayam Silkie biasanya bagus untuk obat dan telah dipercaya dari dulu sejak abad ketujuh atau kedelapan.

2. Ayam telanjang


Dilansir Amusing Planet, ayam tanpa bulu ini merupakan spesies hasil persilangan yang dikreasikan oleh Avigdor Cahaner, ilmuwan asal Israel. Ayam telanjang merupakan perpaduan antara ayam broiler dan ras featherless neck (leher tanpa bulu.)

Ide di balik pengembangan ayam telanjang adalah 'menciptakan' ayam yang lebih efisien untuk dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat. Selain itu ayam ini bisa meningkatkan efisiensi di tempat-tempat penyembelihan karena tidak memerlukan waktu untuk pencabutan bulu.

Sayangnya ayam telanjang jantan juga kesulitan untuk kawin karena mereka tidak bisa mengepakkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan. Sementara ayam telanjang betina lebih rentan terhadap parasit, penyakit kulit, serangan nyamuk, perubahan suhu, dan sengatan matahari karena tidak memiliki bulu yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh.

3. Ayam Dong Tao


Ayam dong tao ini berasal dari distrik khoai chau, dekat kota hanoi, vietnam. Ayam ini sangat langka karena memiliki kaki yang sangat besar dan itupun berbeda sekali dengan ayam lainnya. Di pasaran ayam ini di jual sangat mahal, bahkan satu ayamnya bisa di hargai sampai 16 juta rupiah.

Ayam ini memang memiliki badan yang besar dan sehat, dengan cakar serupa kaki naga dengan warna kemerahan. Dilaporkan Amusing Planet, seekor ayam Dong Tao jantan saja bisa mencapai berat sampai 6 kilogram.

Tapi yang bikin ayam ini berharga sangat mahal justru pengembangbiakannya yang tergolong sulit. Ayam Dong Tao sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Jumlah telur yang dihasilkan betinanya pun jauh lebih sedikit daripada ayam biasa. 

Sementara kaki ayam Dong Tao yang sangat besar menjadikan proses pengeraman sulit. Agar tak banyak anak ayam yang mati terinjak, pengeramannya harus dibantu oleh manusia.

4. Ayam onagadori


Onagadori merupakan ayam unik yang memiliki ekor panjang yang bisa mencapai 9 meter. Tidak heran banyak yang menyukai Ayam Onagadori ini di jepang, dan bahkan kaisar jepangpun tertarik sama hewan yang satu ini hingga mau memeliharanya.

Ayam Onagadori ini mempunyai arti yaitu Unggas paling terhormat, gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan terhadap seekor ayam di jepang. Karena ayam ini termasuk ayam unik maka pemerintah jepangpun menjaga dan melestarikannya dan juga memasukannya sebagai unggas yang dilindungi.

5. Ayam cemani


Ayam asli Indonesia ini terkenal karena seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam. Tak hanya bulu dan kulitnya yang hitam, mata, jeroan, dan tulangnya pun berwarna kehitaman. Bahkan darah ayam cemani berwarna sangat gelap, tak seperti ayam pada umumnya.

Ayam ini pernah diekspor ke Eropa pada tahun 1998 dan dikaitkan dengan Black Chicken Swedia. Ayam cemani merupakan hewan endimik Indonesia. Ayam cemani mampu menarik perhatian para penggemar ayam dari luar negeri. Bahkan seorang peternak asal Amerika Serikat, banyak menerima pesanan untuk ayam ini.

Keistimewaannya terletak pada warna tubuhnya yang serba hitam. Bukan hanya bagian luarnya saja yang diselimuti warna hitam pekat, organ tubuh, kuku, serta dagingnya pun berwarna hitam legam, bahkan lingkar matanya pun hitam. Keunikan tersebut yang membuat harganya melambung sangat mahal. Di Amerika Serikat, dijual seharga Rp 28 juta, sedangkan di Indonesia, harganya bisa mencapai Rp 40 juta.

Sayangnya ayam asli asal Indonesia ini sudah hampir punah. Meski demikian masih ada kelompok tani di Kedu yang mengembang-biakkan dan memeliharanya. Unggas yang lidahnya juga hitam ini, dipercaya penduduk setempat memiliki kekuatas magis. Tidak heran, di Jawa Tengah, ayam ini digunakan sebagai sesajen dalam sejumlah ritual.

Nah, itulah ayam unik, aneh dan langka. Semoga bermanfaat...!


No comments:

Post a Comment